Disbun Kaltim Serahkan Alat Penanggulangan Karlabun Kepada Kelompok Tani di Berau

Wartatempo.com,Berau – Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi kebakaran lahan dan kebun (Karlabun), Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur telah menyerahkan sejumlah alat dan sarana prasarana (Sapras) kepada Kelompok Tani Peduli Api (KTPA), pada Selasa (25/6/2024).
Penyerahan ini dilakukan oleh Kepala Bidang Perkebunan Berkelanjutan, Asmirilda, yang diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Perkebunan Berau, Mansur Tanca, disaksikan oleh Ketua Forum Komunikasi Perlindungan Kebakaran Berau (FKPB), Haris Sabran.
Adapun alat yang diserahkan meliputi tujuh unit papan nama untuk KTPA di Kampung Sidobangen, Biatan Ilir, Melati Jaya, Long Lanuk, Merabu, Harapan Jaya, dan Labanan Makarti.
‚ÄúPapan nama ini sebagai identitas pada sektor perkebunan bahwa KTPA di daerah ini telah terbentuk dan berkomitmen dalam melindungi lahan dan kebun dari ancaman kebakaran,” ujar Asmirilda.
Selain itu, Dinas Perkebunan juga memberikan dua unit pompa jinjing dan dua unit pompa punggung kepada KTPA Kampung Harapan Maju di Kecamatan Tabalar dan KTPA Kampung Batu Putih di Kecamatan Batu Putih.
“Alat-alat ini untuk mempercepat respons dan efektivitas penanggulangan kebakaran di lapangan, terutama dalam kondisi darurat yang membutuhkan penanganan cepat dan tepat.” tambahnya.
Kegiatan ini menandai komitmen Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur dalam mendukung masyarakat petani untuk menjaga kelestarian lingkungan serta meningkatkan kapasitas penanganan kebakaran.
Penyerahan alat-alat ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pengelolaan lahan yang lebih aman dan berkelanjutan di Kabupaten Berau. (Kominfokaltim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *